Selasa, 14 Januari 2014

MEMBUAT MODEL 3D

LATAR BELAKANG


            Latar belakang kami membuat objek 3D Bola karena kami suka bermain bola, jadi kami ingin mencoba membuat suatu objek 3D bola semirip mungkin dengan bola yang sebenarnya, dan alasan kami menggunakan Blender sebagai software untuk membuat objek 3D karena kebetulan pada Semester ini kami sedang belajar menggunakan Blender untuk membuat gambar 3D.




Langkah-langkah  


Delete default cube (Tekan DEL atau X). Pindah ke top view (Numpad 7)


Tambahkan Bola dengan cara Add (Shift + A) > Mesh > Icosphere. Buka MenuModifier > Add Modifier > Subdivide Surface > Apply.


 Aktifkan Face Select Mode dan Limit Selection to Visible. Seleksi semua face yang membentuk bidang segi lima. Untuk melakukan seleksi disisi lain, kita bisa putar objectdengan cara tekan dan tahan scroll mouse (tombol tengah mouse). Dengan posisi scroll mouse masih tertekan kita geser mouse. Ada 12 bidang segi lima yang terbentuk dari Icosphere tersebut.


 Dengan ke 12 sisi segi lima terseleksi, Pilih menu Material > New. Beri nama Putih untuk material. Setting warna menjadi putih.


 Tekan icon ” + “ pada menu material. Tekan Tombol 2 disebelah nama material. Ganti namaputih yang kedua menjadi Hitam.  Setting warnanya menjadi Hitam > Assign. Dengan begitu segi lima yang sudah terseleksi berubah warna menjadi warna hitam.


Seleksi salah satu bidang segi lima > Extrude (E) > Ketik 0.01. Ulangi langkah berikut ke semua bidang segi lima satu persatu. Setelah semua bidang segi lima diextrude, Ulangi langkah tersebut pada semua bidang yang membentuk segi enam. Lakukan satu persatu.


   Kembali ke Object Mode, kemudian Tekan Smooth pada Shading. Pilih menu Modifier > Add Modifier > Subdivision Surface. Hasil akhir bola akan seperti ini





Tidak ada komentar:

Posting Komentar