Rabu, 17 Oktober 2012

AR (Augmented Reality) dan VR (Virtual Reality)

Teknologi di dunia sudah berkembang jauh pesat, pada kemajuan di perangkat lunak (software) terjadi perang OS (Operating System) yang pada era 90′an OS untuk PC (Personal Computer), seperti Linux, Windows dan Mac hingga sekarang berubah ke perang OS untuk smartphone, seperti Blackberry, Android, iPhone, Nokia dan lain-lain. Perubahan-perubahan tersebut mengarah kepada pemakaian secara individu secara maksimal. Bahkan sekarang sudah banyak software yang dapat membuat kegiatan yang nyata bisa masuk ke dalam dunia maya seperti software AR (Augmented Reality) dan VR (Virtual Reality).
 
AR (Augmented Reality) 
Merupakan software yang  dapat menyatukan dunia nyata dengan dunia maya di dunia nyata seperti pada game console Xbox360, yang menggunakan hardware tambahan yaitu “kinect”. Fungsinya adalah membuat kegiatan yang ada pada dunia maya bisa kita peragakan pada dunia nyata.





VR (Virtual Reality) 
Merupakan software yang menyatukan dunia nyata dengan dunia maya di dunia maya seperti pada hardware kacamata 3D, kita dapat merasakan diri kita berada di dunia maya.  



Jadi persamaan AR (Augmented Reality) dan VR (Virtual Reality) adalah software yang sama-sama membuat kegiatan dunia nyata dengan kegiatan dunia maya. Dan perbedaannya AR (Augmented Reality) dan VR (Virtual Reality) adalah AR menyatukan kegiatan dunia nyata dengan kegiatan dunia maya akan kita rasakan di dunia nyata sedangkan VR menyatukan kegiatan dunia nyata dengan kegiatan dunia maya akan kita rasakan di dunia maya.  


Sumber :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar