Istilah media berasal dari bahasa latin yang merupakan bentuk
jamak dari medium. Secara harfiah berarti perantara atau pengantar. Pengertian
umumnya adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi dari sumber informasi
kepada penerima informasi.
Media adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi dari
sumber informasi kepada penerima informasi. Manfaat media adalah: memudahkan
sesorang untuk memperoleh sesuatu yang di cari,yang biasanya kita cari langsung
dari tempatnya,,kini sudah tidak begitu lagi, kita bisa memesan barang melalui
fasilitas internet ataupun menghubungi customer service. dan juga bagi
mahasiswa dan pelajar adalah penyampaian materi pembelajaran dapat
diseragamkan, proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik, proses
pembelajaran menjadi lebih interaktif, efisiensi dalam waktu dan tenaga,
meningkatkan kualitas hasil belajar siswa, memungkinkan proses belajar dapat
dilakukan di mana saja dan kapan saja, menumbuhkan sikap positif siswa terhadap
materi dan proses belajar serta mengubah peran guru ke arah yang lebih positif
dan produktif.
Baru, baru
adalah seuatu tang dapat menciptakan seuatu inovasi, ataupun perubahan yang
dapat melahirkan sesuatu yang sangat diinginkan orang.
New Media,
mendefinisikan Media Baru sebagai produk teknologi komunikasi dimedia
masa mendatang bersama-sama dengan komputer digital. Sebelum 1980-an
media diandalkan terutama pada media cetak dan analog seperti koran,
bioskop televisi, dan radio.Sekarang kita punya radio televisi, digital dan
bioskop, sementara bahkan mesin cetak telah diubah oleh teknologi digital
yang baru seperti perangkat lunak manipulasi gambar seperti Adobe
Photoshop dan alat-alat desktop publishing. Beberapa teknologi kita bisa
Media baru adalah
istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau
jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhirabad ke-20. Sebagian besar
teknologi yang digambarkan sebagai “media baru” adalah digital, seringkali
memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat,
interaktif dan tidak memihak. Beberapa contoh dapat Internet, website, komputer
multimedia, permainan komputer, CD-ROMS, dan DVD
Perkembangan
teknologi komunikasi informasi harus diakui memberikan paradigma baru yang
mengubah keseluruhan cara pandang kita tentang berbagai masalah dan persoalan
yang ada di muka bumi ini. Perubahan paradigma ini juga memengaruhi media
massa, termasuk harian ini.
Harus
diakui kalau media baru dalam bentuk elektronik yang lalu lalang di jaringan
internet adalah sebuah media informasi masa depan. Harus diakui juga kalau
media baru ini memiliki footprint yang luar biasa menjangkau berbagai lapisan
pembaca dari berbagai kelas, dan akan melampaui jumlah pembaca media tradisional.
Media
baru ini adalah fenomena masa depan. Akan tetapi, sering kali kita tidak pernah
bisa mengerti esensi media baru ini bagi kehidupan kita sehari-hari dan
menjadikannya sebagai ajang “debat kusir” yang berkepanjangan.
Sering kali orang menganggap kalau Ctrl+F $ (perintah
forward melalui aplikasi Outlook) adalah sebuah pekerjaan rutin sehingga tidak
lagi terpikir dampak yang bisa ditimbulkan. Apalagi, e-mail yang diteruskan
tersebut menuduh individu yang bekerja pada harian ini.
Contohnya saja, ada
beberapa posting yang justru menyinggung isu pertelevisian. Kelihatannya
televisi memang bagian dari media. Namun, sangat tidak tepat untuk memasukkan
televisi sebagai bagian dari media baru. Media baru secara sederhana adalah
media yang terbentuk dari interaksi antara manusia dengan komputer dan internet
secara khususnya. Termasuk di dalamnya adalah web, blog, online social network,
online forum, dsb yang menggunakan komputer sebagai media-nya. Jadi, sangatlah
tidak tepat untuk memasukkan televisi, radio apalagi media cetak sebagai bagian
dari media baru. Bagi saya, kesalahan memahami istilah tentu akan membuat
kerancuan.
sumber : fahrip.blogspot.com/.../pengertian-new-media-atau-media-baru.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar